Pertemuan Ini, Aku Sangat Bersyukur

Ada yang membuatku penasaran ketika aku mengikuti beberapa drama Korea. Banyak drama Korea yang menyebut-nyebut kata “Unmyeong” sebagai sesuatu yang indah, namun sakral dan penuh misteri. Entahlah, aku tidak pernah tinggal di Korea –mampir aja gak pernah. Tapi, sepertinya unmyeong memang menjadi sesuatu yang spesial bagi orang Korea, terlebih soal cinta.  Lalu, unmyeong itu apa? Unmyeong – kita sering menyebutnya dengan “takdir”.

Takdir. Takdir-Nya memang sering membuat kita bertanya-tanya. “Kok bisa ya, aku ada disini? Kok bisa ya, aku menjadi ini? Kok bisa ya? Kok bisa ya?” Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering sekali muncul dan kita hanya bisa bertanya-tanya. Kuasa ada pada-Nya, pun jalan-Nya. “Kenapa ya, aku bisa ditakdirkan tinggal di lingkungan seperti ini? Kenapa ya, aku ditakdirkan ada di tempat ini? Kenapa ya, aku harus melalui semua ini?” Hingga tiba suatu saat dimana kemudian kita menebak-nebak, mencoba mengambil hikmah, dan mensyukuri semuanya. Ah, betapa indahnya ‘suatu saat’ itu.

Mungkinkah ‘suatu saat’ itu adalah ‘saat ini’? Saat ini aku bertemu denganmu, dengan kau, dengan kalian, dengan mereka, dengan kita, dengan dia, dengan ini, dan dengan itu. Bertemu, berkenalan, berteman, bersahabat, bercakap, menyayangi, mengasihi, menasehati, menangis, menertawakan, melindungi, mendukung, menjaga, memarahi, membenci, dan semuanyaa, dan semuanyaa. Fasenya sekarang adalah aku sedang menebak seolah ini adalah misteri. Kemudian mencoba mengambil hikmah yang mungkin sakral. Hingga aku pun menyimpulkan bahwa semua ini adalah… unmyeong dan ini… unmyeong yang indah.

Terimakasih dari hati.

Pertemuan ini, aku sangat bersyukur.

Terlebih, untuk kamu dan kalian.

Sekali lagi, kok bisa, ya?

-salam syukur, dari nod-

Leave a Reply

