Orang Asing

Hai, kau, yang namanya asing! Hai, kau yang disana, yang di tempat asing! Hai, kau yang entah kapan, yang waktunya pun asing!

Di penghujung tahun ini, aku ingin sedikit membahas tentang orang-orang yang tidak pernah kubahas. Mereka? Aku juga tak tau siapa mereka, mereka dimana, dan kapan mereka ada. Mungkin mereka semacam you-know-who di Harry Potter. Mungkin mereka datang dari antah bratah seperti di puisi lama. Mungkin mereka datangnya tiba-tiba, kemudian menghentikan waktu, dan menghilang; semacam Do Min Joon di You Who Came From The Star. Aku pun tak tau harus membahas apa. Tapi, ku sangat ingin membahasnya.

Ah, ternyata aku sama saja dengan mereka. Hanya keasingan yang ku tahu, tapi aku sudah bisa menulis dua paragraf di atas. Sama saja. Mereka asing bagiku, tapi ingin tau tentangku, tau akan adanya aku, memikirkanku, dan berkata banyak tentangku. Wah, hebatnya. Jika aku semacam Song Hye Kyo, yang orang lain pasti tau siapa aku, yang orang lain pasti akan membicarakan kecantikanku, hmm begitu bahagianya aku. Sayangnya, aku bukan Song Hye Kyo itu.

Wahai orang asing, apa resolusimu 2017 nanti? Apakah kau akan berkenalan denganku? Tapi maaf, aku bukan orang yang mudah kau jadikan teman. Aku sangat egois, menjengkelkan, penuh dusta, tak ber-uang, dan tak berperasaan. No, ini bukan sedang merendah untuk meninggi seperti yang lagi hitz. Ini benar-benar rendah! Sehingga, nasehatku adalah…tetaplah menjadi asing saja.

nod notes, novidwiwr

Leave a Reply

